Writing For Gothic

29/03/2009 at 01:06 (writing for gothic) (, )

Writing For Gothic

KETIKA mendengar kata gothic (dibaca: gotik), banyak orang yang sering salah paham tentang gothic-ism. Ada yang bilang bahwa penganut gothic-ism juga terkait dengan penganut satanism, kekerasan, suicidal, seniman, dll.

emo

Kata gothic itu sendiri datang dari nama sebuah suku bernama Visigoth dari Jerman. Kaum Barbar yang bikin kerajaan Romawi kocar-kacir. Gothic berkembang lagi dan mulai memasuki dunia baru yaitu dunia arsitektural. Gaya arsitektural gothic ini biasanya rada-rada gelap dan gloomy. Kalau pada arsitektural biasanya identik dengan nuansa abad petengahan dan kemegahan, tapi tetap saja gloomy. Coba saja kita lihat arsitektural Gereja-Gereja dan bangunan-bangunan abad pertengahan, kebanyakannya bergaya gothic. Mesjid-Mesjid di Spanyol dan Andalusia pun tidak luput dari nuansa gothic yang cukup kental. Bahkan Mesjid Nabawi di Madinah sendiri juga dipengaruhi dengan arsitektural gothic, emang ada sedikit nuansa gloomy.    

Mungkin terlalu banyak orang yang memandang miring para gothess (penganut/pecinta gothic). Kebanyakan orang beranggapan bahwa gothic itu sangat erat kaitannya dengan hal-hal yang berbau satanic, padahal bukanlah demikian kenyataannya. Memang tidak bisa dipungkiri jika para gothess selalu menampakkan dan menonjolkan diri mereka dengan style yang gelap dan kelam. Mungkin dari situlah orang-orang awam menganggap gothic itu terkait dengan satanic, suicidal, kekerasan, atau whatever-lah………

Latar Belakang Bahasa Gothic

Pada paruh pertama milenium pertama, kaum Gothic mengembara ke seluruh benua Eropa. Mereka berangkat dari Skandinavia sebelum tahun-tahun pertama Masehi dan sampai di sebelah selatan daerah yang sekarang disebut Rusia bagian selatan pada pertengahan abad ke-3. Pada abad ke-4 kaum Gothic seperti banyak suku Jermanik lainnya harus minggir untuk bangsa Hun dan mulai bermigrasi ke barat.

Beberapa Aspek Tata Bahasa

Namun biar bagaimanapun sisa-sisa kaum Gothic dari Rusia selatan tidak hilang untuk selamanya. Hal ini terbukti dengan laporan seorang diplomat bangsa Flandria Oguer Ghiselin de Busbecq (1522 – 1592) yang antara tahun 1554 – 1592 merupakan seorang duta di Konstantinopel. Di sana ia berjumpa dengan dua orang penduduk “Jermanik” di Krim dan lantas menulis sebuah laporan ringkas mengenai bahasa mereka. Semua 86 kata-kata bahasa Gothik Krim ini menunjukkan persamaan yang luar biasa dengan moyang Gothic mereka.

Tentu ada pula perbedaannya. Berbeda dengan bahasa Gothic, bahasa Gothic Krim masih hanya memiliki e pendek dan o pendek. Maka kata saudara perempuan (dalam bahasa Inggris: sister) dalam bahasa Gothic adalah swistar dan dalam bahasa Gothic Krim: schwester.

Kata Gothic “gulþ” (“emas”) dalam bahasa Gothic Krim menjadi “goltz”. Kemudian baik bahasa Gothic maupun bahasa Gothic Krim membagi penutup bahasa Jemanik Kuno e panjang. Kata “tidur” (bahasa Inggris: to sleep, bahasa Belanda: slapen), dalam bahasa Gothic adalah slepan, sementara dalam bahasa Gothic Krim adalah schlipen. Bahasa Gothic Krim hampir secara universal dianggap merupakan bahasa Gothic berdasarkan aspek-aspek fonologisnya: kata ada “telur”, sebagai contoh, menunjukkan “penguatan khas Gothic” dari bahasa Proto-Jermanik *-jj- ke -ddj- (seperti di bahasa Gothic Wulfila iddja “dahulu pergi” dari Proto Jermanik *ejjon), dari bahasa Proto-Jermanik *ajja-. Selain itu ada beberapa persamaan yang teratur antara bahasa Gothic Wulfila dan bahasa Gothic Krim, termasuk GW /sk-/ > GK /ʃ-/ (seperti di KG schedit, schietn, dari skeiniþ, skiutan [“bersinar”, “menembak.”]) Berkat lokasinya, bahasa Gothic Krim, dipengaruhi oleh terutama oleh bahasa Yunani, bahasa Slavia, dan bahasa Iran. Kata untuk bilangan ‘100’ yang dalam bahasa Gothic adalah hund, dalam bahasa Gothic Krim menjadi sade (sesuai bahasa Iran sade).

Sekarang kita masuk ke wilayah sub-kultur dan mungkin juga style. Definisi gothic secara sub-kultur memang tidak ada kejelasan (mungkin belum ada ahli yang mau meneliti masalah ini). Mungkin terserah masing-masing individu buat mengartikan apa itu Gothic…? Tapi, yang jelas gothic memiliki ciri khas yang unik dan gampang diingat. Kalo pada style dandanan, biasanya gothic identik dengan warna gelap dan gloomy (biasanya hitam) yang dipadu-padankan dengan warna yang sangat pucat.

Apa itu Gothic Culture? 

Definisi tentang gothic culture itu masih sangat luas dan belum bisa didefinisikan, karena belum ada peneliti yang benar-benar berniat menjadi hal ini sebagai salah satu ilmu. Intinya, semua terserah masing-masing individu ingin mengartikan gothic bagaimana bentuknya.

Sebenarnya para gothess (pecinta gothic) itu tidaklah segelap yang Anda kira, para gothess sebenarnya adalah orang yang anti-kekerasan, damai dan toleran. Para gothess banyak yang menulis kalau mereka mengalami depresi, desperate, keluarga yang disfungsional, masa kecil yang kelam, marah, kecewa, sedih dan benci. Percaya atau tidak, semuanya ini ditulis di dalam 640 web yang ada di dalam gothic web ring, dan isinya rata-rata sama. Kebanyakan gothess memang menyukai main game-game RPG (role-playing game), bukannya karena kurang bergaul atau memiliki fantasi yang berlebihan, tetapi dikarenakan adanya tantangan kreatif dan mengasah otak di dalamnya.

Kenapa akhir-akhir ini gothic selalu dikaitkan dengan agama dan kepercayaan?

Hal itu dikarenakan salah satu artis yang selalu berdandan gothic yang dikenal dengan nama Marilyn Manson diangkat menjadi pendeta di gereja setan, oleh Anton Lavey. Awalnya sebuah pendapat sepihak kalau para gothess pengikut gereja setan. Namun, tidak semuanya benar. Banyak gothess yang masih memegang kristianitas mereka, atheisme, agnoticism, new age, gnosticism, shamanisme, wicca, tradisi neopagan, dan kepercayaan-kepercayaan minoritas lainnya. 

referensi: wikipedia

————————————————————————————

Biografi:

Marilyn Manson

 

marilyn_manson


Tanggal Lahir: 5 Januari 1969, Canton, Ohio, Amerika Serikat

Nama lahir: Brian Hugh Warner 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Marilyn Manson pada awalnya wartawan musik sebelum menjadi pemusik. Dia pindah ke Florida ketika berusia 18 dan mulai menulis cerita-cerita dan puisi. Dan berusaha agar puisi dan cerita-ceritanya dapat diterbitkan oleh berbagai majalah, tetapi  ditolak. Ketika meliputi “Nine Inch Nails” untuk majalah Brian Warner, ia diberikan kesempatan untuk memenuhi Trent Reznor, yang disponsori Warner, dan akhirnya menghasilkan tiga album pertama mereka (termasuk EP Smells Like Sons). 

Marilyn Manson, yang nama sebenarnya adalah Brian Hugh Warner, lahir pada tanggal 5 Januari 1969 di Canton, Ohio. Pada masa kanak-kanak,  dia sering masuk penjara karena kegiatan berpetualangan dengan sex toys,  majalah seks untuk dijual kepada teman sekelas. Orangtuanya telah menganggapnya sebagai episkopal.

Setelah lulus dari sekolah tinggi, dia dan orangtuanya pindah ke Fort Lauderdale, Florida karena ayahnya mendapat pekerjaan yang lebih baik di sana. Ia belajar jurnalistik dan teater di sekolah Broward. Di tempat yang baru ia merasa kesepian, waktunya banyak digunakan untuk menulis puisi dan cerita pendek. Setelah keluar dari pekerjaan terakhir di sebuah toko, ia menjadi tenaga lepas sebagai wartawan majalah lokal. Dia mewawancarai beberapa musisi terkenal termasuk Trent Reznor dari band “Nine Inch Nails”. Seiring dengan pekerjaan dan menulis, dia pun sering pergi ke klub rock. Lalu memutuskan untuk membuat band sendiri. 

Musiknya dipengaruhi dari Ozzy Osbourne dan KISS, dia merekrut musisi lain dengan minat yang sama dan memulai band bernama “Marilyn Manson and Spooky Kids”. Nama Marilyn Manson sebagai kombinasi dari nama-nama bintang film Marilyn Monroe dan psycho killer Charles Manson. Kemudian nama resmi band-nya berubah menjadi hanya Marilyn Manson. Mengeluarkan tiga album pertama (Portriat from America Family, Antikristus Superstar, Mechanical and Animal) dan EP (Smells like Sons). Album yang paling sukses adalah “Mechanical Animals” .

marilyn_manson-band

 

 

 

 

 

 

 


Dengan keberhasilannya, Manson menjadi selebriti kontroversial, karena pesan anti-Kristen di lagunya, dan Satanist ‘Anton Szandor LaVey’ yang dianggap Reverend Manson untuk Gereja Setan. Juga dengan ketenarannya, Manson mulai bergaul dengan selebriti lainnya dan memiliki hubungan romantis dengan aktris Rose McGowan. Namun pisah hubungan pada tahun 2001. Kemudian jatuh cinta dengan seorang penari Dita Von Teese. Mereka menikah di kastil Irlandia. Manson mengeluarkan dua album lagi (Kudus Kayu, dan Golden Age of fantastis), dan yang terbaik dari album (supaya jangan Lupakan Kami: The Best Of …). Dia juga bertindak sebagai dabbled  dalam film Jawbreaker (1999), Partai Rakasa (1998) dan The Heart is pendusta Above All Things (2004). Dia terus membuat musik dan film.


 

%d bloggers like this: