Gothic ‘LOLITA’

14/07/2009 at 18:15 (gothic emo, gothic metal, lolita, music, writing for gothic) (, )

What is Gothic?

SECARA garis besarnya, gothic adalah nama suatu periode yang berkisar pada tahun 1150-1500 M di Eropa, tepatnya di Eropa Utara. Pada era ini, terjadi perkembangan besar-besaran di bidang karya seni, sastra dan arsitektur di mana perkembangan karya-karya tersebut umumnya dipengaruhi oleh tema-tema religius.

lolita-1

What is Lolita?

Istilah Lolita dipopulerkan oleh novelist terkenal Vladimir Nabokov sebagai judul dari novel yang ditulisnya. Novel ini sendiri menjadi sangat terkenal karena gaya bahasa di dalamnya yang sangat unik dan ceritanya yang controversial sehingga pada mulanya sulit sekali untuk diterbitkan. Dalam novel itu dikisahkan sang tokoh utama, Humbert, yang jatuh cinta kepada seorang gadis berusia 12 tahun bernama Dolores Haze.

Lolita adalah nama yang dipakai oleh Humbert untuk menyebut nama gadis itu dalam ceritanya. By the way, sebelum men-judge lebih jauh tentang novel ini, perlu diketahui bahwa dalam novel ini ceritanya tidak hanya ber-setting saat Dolores berusia 12 tahun saja, tapi terus berkembang dan berlanjut sampai dia dewasa (—bahkan sampai dia menikah). Istilah lolita sendiri kemudian sering dipakai untuk merujuk pada hal-hal yang berhubungan dengan anak perempuan di bawah umur.

What is Gothic Lolita?

Gothic LOLITA adalah istilah untuk sebuah fashion style. Dan yang uniknya, gaya berbusana ini lebih pesat perkembangannya di Jepang. Gothloli atau gosurori, demikian orang Jepang menyebutnya, mulai muncul dari sekitar tahun 1997-1998. Kemudian pada tahun 2001 sudah menjadi suatu genre fashion yang diakui sehingga dengan mudah bisa ditemukan di department-department store umum sebagaimana model-model pakaian yang lain.

lolita-2

‘Gothic lolita style’ terinspirasi dari gaya pakaian jaman Victoria seperti yang sering dipakai pada baju-baju boneka porselin abad itu. Gothic lolita lebih menonjolkan image yang gelap tapi innocent, cute dan childish dari pada cantik atau sexy. Warna-warna yang dipakai biasanya didominasi oleh hitam dan putih. Di Indonesia pernah diperagakan oleh pinkan Mambo di dalan salah satu video klipnya.

pinkan

 

 

Referensi: Wikipedia.com; http://www.gothicsubculture.com; http://vampirefreaks.com/

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: